News

Berita Metrasat

21 Maret 2018, 16:23



Peresmian BTS 4G di Desa Tolo oi Kabupaten Sumbawa

Sumbawa - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meresmikan Tower Telekomunikasi atau Base Tranciever Station (BTS) 4G di Desa Tolo’oi Kecamatan Tarano Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat Pada hari Sabtu (17/03/2018).

BTS 4G ini merupakan program pemerintah untuk mengurangi kesenjangan akses telekomunikasi di daerah-daerah terpencil. Hal itu ditegaskan Menteri Rudiantara sesuai dengan visi Nawacita pemerintah pusat nomor tiga yang mengutamakan pembangunan di daerah pinggiran. Kominfo melalui BP3TI dan kerja sama dengan sejumlah korporasi yang digandeng oleh Kominfo untuk bertanggung jawab dalam memberikan akses internet dan listrik di desa, dan metrasat sendiri menjadi penyedia transmisi satelit nya.

Selain Menkominfo bapak Rudiantara, Anggota Komisi I DPR RI Syafrudin ST dan Wakil Bupati Sumbawa H. Mahmud Abdullah juga ikut serta dalam acara presmian. Mereka menyampaikan terima kasihnya atas perhatian pemerintah pusat membangun fasilitas jaringan seluler di Desa Tolo’oi. Pembangunan di daerah Sumbawa khususnya dalam bidang komunikasi, membuat wilayah terpencil di daerah ini dapat setara dengan wilayah lainnya yang lebih maju.

Untuk menguji layanan telekomunikasi sinyal 4G, dalam acara ini dilaksanakan video conference antara Menkominfo Rudiantara dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta. Dalam video conference beliau menyampaikan kepada Ibu Sri Mulyani perihal masih kurangnya sarana prasana keuangan (perbankan) di desa. Kemudian, penyerahan bantuan CSR (Corporate Social Responsibilty) berupa pembagian handphone 4G kepada warga setempat juga dilakukan secara simbolis pada acara peresmian tersebut.

DI akhir acara Menteri Kominfo berpesan agar fasilitas yang dibangun digunakan secara positif dan ia berharap dengan dibangunnya BTS ini dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi serta dapat mempromosikan hasil produksinya secara cepat.


KICK OFF RKAP 2018

05 Maret 2018